top of page
Search
  • airinsabeni

Toyota All New Rush : Tampilan Terbaru Yang Lebih Memukau


Toyota Rush pertama kali diperkenalkan di Indonesia sebagai proyek gabungan kedua Toyota-Daihatsu pada 2006, setelah Avanza-Xenia yang menorehkan kesuksesan sejak diperkenalkan tiga tahun sebelumnya. Namun, sejarah mobil ini bisa dirunut dari jelang pergantian millenium, di mana Daihatsu Taruna diperkenalkan ke publik pada 1999, dengan facelift hadir tahun 2005, sebelum akhirnya digantikan oleh Daihatsu Terios dan Toyota Rush satu tahun berselang.


Kedua mobil cukup lama bertahan di Indonesia, yakni dari 2006 sampai 2017 dengan mendapatkan dua facelift. Pertama tahun 2010, kemudian disusul tahun 2015. Toyota Rush hadir dalam dua varian, G dan S, dengan varian terakhir diganti menjadi TRD Sportivo pada 2013. Ingin tahu keunggulan lainnya dari mobil berkonsep keluarga ini? Simak ulasannya berikut ini.


Eksterior

Dimulai dari eksterior, profil mobil tampak sangat berbeda di mana tampang depannya makin agresif dengan garis tajam yang hadir di bagian depan mobil. Menggunakan Lampu LED yang mengapit upper-grille besar dengan aksen black-chrome yang berfungsi mendinginkan mesin. Selain itu, housing foglamp di bagian bawah lebih besar dengan finishing plastik hitam seperti di bumper.


Beralih ke samping, kita bisa langsung sadar kalau Toyota Rush generasi kedua jauh lebih panjang dari pendahulunya, yaitu bertambah 230 mm. Ground clearencenya juga naik jadi 220 mm. Hadir dalam dua ukuran pelek yaitu ada varian G, Anda akan mendapatkan pelek alloy two-tone dengan ukuran 16 inci, untuk varian TRD Sportivo profilnya naik jadi 17 inci yang membuat profil samping mobil tampak lebih proporsional dan tidak cingkrang.


Beralih ke belakang, tentu saja terasa aneh melihat Toyota Rush tanpa ban serep yang sudah jadi identitas di generasi pertamaMenggunakan desain belakang yang lebih modern dengan model stoplamp horisontal yang memberi visibilitas cukup baik pada penumpang di belakang. Beralih ke bagian bawah, Anda akan menemukan rear underguard yang dipadukan dengan body cladding dengan finishing hitam membuatnya seakan siap diajak berpetualang ke berbagai tempat.


Interior

Dilihat dari dashboard, yang hadir dalam konsep two-tone yang terlihat sangat macho dan elegan di saat bersamaan, apalagi dengan material soft-touch khusus varian TRD Sportivo. Di bagian konsol tengah, hadir Auto A/C with digital display yang memberi kesan modern dan praktis saat pengaturan AC. Di atasnya, hadir head unit berukuran 7 inci yang mendukung konektivitas Bluetooth, USB, AUX, sampai Miracast.


Di bagaian kokpit, Anda akan menemukan lingkar kemudi tiga palang dengan model cukup keren. Tidak cuma keren secara desain, setir juga bisa diatur secara tilt, tak lupa juga disematkan pengontrol Audio. Sebagai mobil 7-seater, tentu penting bagi Toyota Rush untuk memberi rasa nyaman di tiap baris tempat duduk. Alhasil, tata letak layout kabin dikonfigurasi ulang untuk memastikan tiap baris punya keleluasaan yang mumpuni.


Fitur Keamanan

Untuk soal keamanan, Toyota Rush bisa dibilang sangat lengkap. Bahkan lebih lengkap beberapa model lain yang lebih mahal. Kita mulai dari fitur keamanan pasif, sudah terdapat 6 SRS airbag di dalam kabin mobil, dua di depan, dua side airbag, dan sisanya curtain airbag.


Fitur tersebut dipadu padankan juga dengan berbagai perangkat safety modern seperti Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), dan Hill-Start Assist (HSA). Semua fitur keamanan ini tersedia sebagai standar di seluruh varian, tidak cuma varian tertinggi saja. Untuk membantu proses parkir mobil, disematkan juga fitur rear-parking camera yang juga menjadi standar di semua varian.


Mesin

Toyota Rush hadir dalam satu varian mesin, 2NR-VE dengan teknologi Dual VVT-i yang dapat mengatur bukaan katup berdasarkan kebutuhan mesin. Dapur pacu berkapasitas 1.496 cc ini menghasilkan tenaga 102 HP pada 6.000 rpm, dengan torsi 136 Nm pada 4.200 rpm. Hadir dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan, Toyota All-New Rush diklaim punya karakter berkendara yang lebih cocok untuk lalu-lintas perkotaan.

28 views0 comments
Post: Blog2_Post
bottom of page